Cara Backup Game Steam Dengan Dua Cara Ini

43 Likes comments off

Sampai hari ini, Steam menjadi layanan gim paling populer di seluruh dunia. Banyak gim-gim menarik yang bisa didapatkan melalui layanan tersebut. Terkadang ketika PC harus install ulang, gim di Steam harus diunduh kembali. Maka dari itu diperlukan cara backup game steam agar nantinya tidak repot mengunduh ulang game yang dimainkan sebelumnya.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Backup

Sebelum membackup game, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu pastikan file di harddisk memadai untuk membackup game. Game-game di zaman sekarang rata-rata memiliki ukuran yang besar sehingga diperlukan ukuran harddisk yang cukup.

Selain itu, disarankan juga untuk menggunakan harddisk dengan kecepatan tinggi. Bisa juga para gamers menggunakan harddisk eksternal untuk membackup game dari Steam. Pastikan juga Steam Client sudah terinstall di komputer atau laptop.

Cara Backup Game Steam

Apabila hal-hal tersebut sudah dimengerti, maka masuk ke cara membackupnya. Ada dua cara yang nantinya para gamers bisa lakukan. Maka dari itu, berikut di bawah ini adalah cara membackup game steam,

1. Menggunakan Steam Client

Aplikasi Steam Client sangat penting kaitannya dengan tutorial ini, karena tanpa aplikasi ini para gamer tidak bisa mengunduh dari Steam. Di dalam aplikasi ini sendiri terdapat fitur Backup and Restore yang mana berguna untuk membackup game tanpa harus mengunduh ulang. Untuk itu, berikut adalah cara backup game steam lewat steam client.

  • Buka aplikasi Steam Client dan login dengan akun Steam para gamers. Tunggu sampai muncul library game atau store Steam.
  • Klik pada tulisan Steam di bagian kiri atas lalu klik Backup and restore game.
  • Jika sudah muncul pilihan dari menu tadi, pilih backup currently installed program.
  • Berikutnya akan muncul beberapa game yang akan di backup, maka selanjutnya pilih beberapa game yang akan disalin.
  • Langkah selanjutnya pilih Browse dan cari lokasi harddisk di mana game akan di backup. Disarankan untuk menggunakan harddisk yang cepat dan ukurannya besar. Misalnya harddisk external atau harddisk internal dengan tipe SSD.
  • Untuk menyimpan file backupan game tadi, isikan nama folder pada kolom folder name dan sesuaikan ukuran file di bagian file size.
  • Klik next dan tunggu sampai selesai dan jika sudah selesai maka file backup game siap untuk dibuka lagi di PC lain.

2. Menggunakan Windows Explorer

Di samping menggunakan Steam Client, cara membackup game steam juga bisa dilakukan dengan menggunakan Windows Explorer. Cara ini menjadi alternatif bagi para gamers apabila bingung dengan cara sebelumnya. Tanpa menunggu lama, berikut adalah langkah-langkah membackup game dari Steam dengan windows explorer.

  • Masuk ke Steam Client dan login dengan akun steam lalu masuk ke tab Library.
  • Pilih game yang akan di backup lalu klik kanan kemudian pilih Properties. Selanjutnya pilih local files dan klik pada bagian Browse local files.
  • Para gamers nantinya akan diarahkan ke file game tersebut melalui Windows Explorer.
  • Copy semua file tersebut dan masuk ke harddisk tempat di mana file game akan dipindah.
  • Buat folder baru agar tidak bercampur dengan file lain di harddisk dan jangan lupa beri nama folder tersebut sesuai keinginan.
  • Masuk ke folder baru tersebut lalu paste file backup tadi dengan Ctrl+V atau klik kanan kemudian paste.
  • Tunggu sampai selesai dan file game siap di restore kembali.

Steam adalah layanan game yang sangat besar dan sampai hari ini masih digunakan banyak orang. Ketika ingin install ulang, beberapa gamers merasa malas untuk mengunduh ulang. Untuk itu, Steam mengeluarkan fitur Backup game yang mana cara backup game steam tersebut sudah disampaikan di atas.

READ  Cara Memainkan Minecraft Di Semua Perangkat

You might like

About the Author: Bella